Tahukah Anda siapa yang menemukan televisi?

Banyak hal yang sering dilakukan orang saat hari raya tiba. Beberapa mungkin memilih untuk berjalan-jalan, beberapa mungkin hanya tinggal di rumah. Bersantai dengan keluarga, san nonton televisi. Dari masa ke masa, perangkat elektronik ini memang menjadi media hiburan yang menyenangkan. Penyebabnya adalah banyaknya program yang ditayangkan, dari film hingga berita. Jadi, dapatkah Anda bayangkan bahwa televisi tidak pernah ditemukan? Hmm… sepertinya kita harus berterima kasih pada penemu televisi ya. Siapa yang kamu pikirkan?

Dalam perjalanannya, meski banyak ilmuwan diketahui terlibat dan menyumbangkan idenya dalam perkembangan teknologi televisi, ada dua sosok yang dianggap paling berpengaruh dalam penemuan perangkat elektronik yang satu ini. Mereka adalah John Logie Baird dan Philo Farnsworth.

John Logie Baird

John Logie Baird adalah seorang insinyur dari Skotlandia yang lahir pada tanggal 13 Agustus 1888. Ia dapat dikatakan sebagai penemu televisi, karena ia adalah orang pertama yang dapat menayangkan gambar bergerak di televisi. Baird belajar di Larchfield Academy, Royal Technical College, dan University of Glasgow.

Pada 1920, Baird kembali ke Inggris dan mulai meneliti bagaimana mengirimkan gambar bergerak bersama dengan suara. Karena kurangnya sponsor, dia menggunakan materi yang bisa dia temukan saat itu. “Pesawat televisi“Yang pertama dia buat terbuat dari karton, lampu sepeda, lem, benang dan lilin.

(Baca juga: Bertemu 5 Penemu yang Mengubah Dunia)

Pada tahun 1924, ia dapat meneruskan gambar dari jarak beberapa meter. Barulah pada tahun 1925 ia berhasil menayangkan pertunjukan wayang golek. “Gambar boneka itu muncul di layar yang menurut saya terlihat sangat jelas. Saya melakukannya! Saya hampir tidak bisa mempercayai mata saya dan merinding karena kegembiraan, ”jelas Baird saat itu.

Tak lama setelah itu, Baird mendemonstrasikan penemuannya secara terbuka di minimarket Selfridge di London, Inggris. Pada tahun 1926, ia memamerkan hasil karyanya di hadapan 50 ilmuwan dari British’s Royal Institution di London. Salah satu jurnalis yang hadir menulis, “Gambar siaran terlihat redup dan terkadang buram, tetapi mendukung klaim bahwa ‘pesawat televisi, ‘sebagaimana disebutkan oleh Baird, mampu mentransmisikan dan mereproduksi gerakan detail, seperti ekspresi wajah, dalam waktu singkat. “

Pada tahun 1927, Baird mampu mengirimkan suara dan gambar dalam jarak 643 kilometer menggunakan saluran telepon dari London ke Glasgow. Pada tahun 1928, ia mengirim transmisi televisi pertama melintasi Samudra Atlantik dari London ke New York. Mulai tahun 1929, BBC menggunakan teknologi Baird untuk menyiarkan program televisi pertamanya.

Namun, televisi yang diciptakan Baird saat itu memiliki kekurangan. Karena pengoperasian mekanisnya, gambar yang dihasilkan masih buram dan berkedip-kedip.

Philo Farnsworth

Penemu televisi elektronik yang kita gunakan saat ini adalah Philo Taylor Farnsworth II. Ia adalah seorang penemu asal Amerika Serikat yang lahir pada tanggal 19 Agustus 1906. Sejak muda, Farnsworth memiliki minat di bidang teknik. Saat remaja, ia mulai mempelajari teknologi televisi saat itu dan berpendapat bahwa sistem mekanis yang digunakan terlalu lambat untuk membaca dan menyusun gambar dalam hitungan detik. Dia percaya bahwa hanya sistem elektronik yang cukup cepat untuk melakukannya.

Pada tahun 1922, Farnsworth mulai mengerjakan desain kasar televisi elektronik. Tahun berikutnya, ketika masih di sekolah menengah, dia juga terdaftar sebagai siswa di Universitas Brigham Young sebagai siswa istimewa. Namun, kematian ayahnya pada tahun 1924 memaksanya untuk meninggalkan Brigham Young dan menyelesaikan sekolah menengahnya sambil bekerja.

Setelah mimpinya mengembangkan televisi elektronik tertunda, pada tahun 1926 Farnsworth mulai bekerja untuk penyandang dana amal George Everson dan Leslie Gorrell. Dia meyakinkan mereka berdua untuk bekerja sama menghasilkan sistem televisi yang dia rancang.

Tidak lama kemudian, Farnsworth pindah ke Los Angeles dan mulai bekerja dengan USD 6.000 yang dia kumpulkan dari Everson dan Gorrell. Everson bahkan mendapatkan tambahan USD 25.000 dalam pendanaan dan ruang laboratorium di Crocker First National Bank of San Francisco for Farnsworth. Pada tanggal 7 September 1927, Farnsworth berhasil menyiarkan acara dengan menggunakan televisi elektroniknya dan mematenkan penemuannya pada tahun yang sama.

Silakan ikuti dan sukai kami: