Rumus Volume Kerucut yang Dapat Anda Pelajari

Siapa yang suka es krim? Apalagi es krim yang menggunakan kerucut. Ini sangat enak, dingin dan manis juga. Jadi, pernahkah ada yang bertanya-tanya berapa volume es krim yang harus diisi kerucut sampai penuh? Adakah yang tahu cara menghitung volume es krim ini? Wah, kalau belum, ini kesempatan bagi Anda untuk mempelajari rumus volume kerucut dan juga cara menghitungnya.

Namun, sebelum kita mendalami rumus volume kerucut dan juga cara mencarinya, mari kita ketahui apa itu kerucut. Kerucut adalah salah satu ruang samping yang melengkung. Ini memiliki alas melingkar dan selimut yang menghubungkan alas dan titik teratas.

Kerucut juga memiliki 3 ukuran penting yang akan kita gunakan untuk menghitung volumenya, yaitu:

bangun ruang kerucut

1. Radius Kerucut

Alas kerucut berbentuk lingkaran. Jari-jari atau jari-jari kerucut adalah jarak antara titik pusat dengan titik pada lingkaran alasnya. Diameter alas kerucut adalah ruas yang menghubungkan dua titik pada lingkaran alas dan melalui titik tengah. Dalam sebuah lingkaran, diameter lingkaran sama dengan dua kali jari-jari lingkaran.

2. Tinggi Kerucut

Adalah jarak antara pusat alas dan puncak kerucut. Jika kita membuat ruas garis yang menghubungkan titik alas dan puncak tersebut, maka diperoleh ruas garis yang tegak lurus dengan bidang alas tersebut. Panjang ruas ini juga merupakan tinggi kerucut.

3. Selimut Kerucut

Selimut kerucut adalah sisi yang melengkung, membungkus kerucut. Itu terletak di antara titik dasar dan puncak. Di dalam selimut kerucut adalah garis pelukis Garis pelukis adalah garis yang mewakili lapisan luar dari selimut kerucut. Garis pelukis, tinggi kerucut, dan jari-jari kerucut membentuk segitiga siku-siku.

Selain elemen-elemen di atas, kita juga harus mengetahui ciri-ciri bentuk kerucut yaitu:

  • Kerucut memiliki satu sisi.
  • Kerucut memiliki satu simpul.
  • Kerucut tidak memiliki tulang rusuk.
  • Kerucut memiliki jaring berbentuk lingkaran dan kisi melingkar.

Sekarang mari masuk ke rumus volume kerucut, dan juga cara menghitungnya.

Rumus Volume Kerucut

Dalam menghitung volume kerucut, kita akan menggunakan rumus yang satu ini:

V = 1/3 x π xr2 xt

Informasi:

v = volume kerucut

t = tinggi kerucut

r = jari-jari alas kerucut

Kita akan menggunakan π = 22/7 jika jari-jari (r) atau diameter (d) adalah kelipatan 7 atau habis dibagi 7.

Kita akan menggunakan π = 3.14 jika panjang jari-jari (r) atau diameter (d) bukan kelipatan 7 atau tidak habis dibagi 7.

Mari kita lihat contoh soal ini untuk lebih memahami bagaimana mencari volume kerucut.

Pertanyaan:

Kerucut memiliki jari-jari alas 10 cm dan tinggi 20 cm. Berapa volume kerucutnya?

Larutan:

Kita hanya perlu memasukkan angka ke dalam rumus, seperti ini:

V = 1/3 x π xr2 xt

V = 1/3 x 3,14 x 10cm2 x 20cm

V = 2.093,33 cm3

Jika Anda merasa masih membutuhkan lebih banyak pertanyaan untuk memahami materi ini, Anda bisa memanfaatkan produk PROB dari Smart Class. Di dalam produk ini terdapat berbagai macam soal latihan untuk Anda pelajari agar lebih mantap dalam menghadapi ujian. Termasuk masalah tentang kerucut. Terdapat juga fitur PERTANYAAN yang dapat diakses secara gratis dan untuk menjawab pertanyaan seputar pertanyaan atau materi yang belum dikuasai. Pertanyaan Anda akan segera dijawab oleh guru dan mentor bersertifikat.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai rumus volume kerucut yang harus anda ketahui. Jika masih bingung silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar.

Silakan ikuti dan sukai kami: