Rumus Luas Permukaan Tabung, Cara Menghitung dan Contoh Soal

Tabung merupakan salah satu bahan penyusun yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Di dapur kita bisa menemukannya dalam bentuk botol minuman. Di luar rumah, biasanya kita juga melihat pipa yang juga berbentuk tabung. Terowongan itu juga berbentuk tabung, lho. Sungguh sayang jika belum mengetahui bangunan kamar yang satu ini. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang silinder. Terutama rumus luas permukaan tabung dan cara menghitungnya, serta jangan lupa juga contoh soal yang akan bisa membantu anda memahami materi ini.

Namun, sebelum kita sampai di sana alangkah baiknya jika kita mempelajari apa itu tabung. Kita dapat mendefinisikan tabung sebagai bentuk yang memiliki tutup dan alas yang berbentuk lingkaran dan diapit oleh persegi panjang. Sekarang mari kita lanjutkan dengan mempelajari rumus luas permukaan tabung.

Formula Luas Permukaan Tabung

Dalam mencari luas permukaan tabung, kita bisa mulai dari jaring tabung. Jaring tabung terdiri dari sungkup dan alas melingkar berjari-jari (r), sehingga rumus luas alas dan alas melingkar adalah = 2π r². Untuk nilai phi (π) Anda dapat menggunakan 22/7 atau 3,14. Bagian lengkung yang mengelilingi tabung berbentuk persegi panjang dengan rumus luas x lebar. Panjangnya sama dengan keliling lingkaran dan lebarnya sama dengan tinggi tabung, sehingga rumus luas sisi kurva adalah 2π r t.

Rumus luas jaringan tabung:

  • Rumus luas alas dan penutup: π.r2
  • Rumus luas selimut: 2.π.rt

Dari kedua rumus tersebut, kita akan dapat menuliskan rumus luas permukaan tabung menjadi:

Luas permukaan tabung = 2 x Luas alas + Luas selimut tabung

Luas permukaan tabung = 2 x (π xr2) + 2 x π xrxt = 2 x π xrx (r + h)

Untuk lebih memahami ini, mari kita lihat contoh soal di bawah ini:

Contoh:

Untuk membuat patung, pengrajin menggunakan batang pohon yang berbentuk seperti tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 18 cm. Tentukan luas permukaan batang kayu.

Penyelesaian:

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas kami mendapatkan informasi seperti:

d = 14 cm, maka jari-jarinya r = 7 cm

tinggi = 18 cm

Dengan begitu kita hanya perlu memasukkannya ke dalam rumus.

Menjawab:

Lp = 2 x π xrx (r + h)

= 2 x 22/7 x 7 (7 + 18)

= 44 x 25

= 1.100 cm2

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang membangun ruang tabung dan contoh masalahnya, Anda dapat mencoba Smart Class, yang merupakan platform pembelajaran digital 360 ° yang dapat diakses oleh siswa, guru, dan orang tua selama proses pembelajaran. Smart Class juga menggunakan sistem terintegrasi untuk memantau dan mendukung perkembangan pembelajaran siswa. Di sini Anda dapat mempelajari berbagai mata pelajaran, termasuk matematika dan ruang gedung.

Ada 2 paket yang disediakan yaitu Regular Smart Class dan MBG Smart Class. Kelas Cerdas Reguler adalah program Kelas Cerdas reguler yang menawarkan berbagai fasilitas dan manfaat untuk kegiatan belajar online.

MBG yang merupakan singkatan dari Garansi uang kembali merupakan program Smart Class yang menawarkan refund jika tidak ada peningkatan nilai siswa, tentunya dengan ketentuan tertentu.

Manfaatkan juga produk MASALAH, yang menyediakan berbagai soal latihan untuk Anda. Terdapat juga fitur PERTANYAAN yang dapat menjawab berbagai pertanyaan seputar pertanyaan atau materi yang belum dikuasai secara gratis.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai rumus luas permukaan tabung. Jika ada yang masih binggung silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar.

Silakan ikuti dan sukai kami: