Rumus Area Trapesium dan Beberapa Contoh Soal

Jika diperhatikan, trapesium adalah suatu bentuk yang merupakan gabungan dari bentuk lain yaitu segitiga, lebih tepatnya segitiga siku-siku dan persegi panjang atau bujur sangkar. Trapezium juga punya nama lain yaitu trapesium. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan juga rumus luas trapesium serta contoh permasalahannya. Mari berkenalan dengan bentuk datar yang satu ini.

Trapesium adalah bentuk yang dibentuk oleh empat sisi, dua di antaranya sejajar satu sama lain tetapi panjangnya tidak sama. Termasuk dalam jenis bentuk persegi panjang dengan simetri yang berputar. Kita dapat menyimpulkan bahwa trapesium memiliki sifat-sifat berikut:

  • Bentuknya termasuk jenis segi empat.
  • Memiliki sepasang sisi yang sejajar.
  • Hanya memiliki satu simetri putar.
  • Memiliki satu simetri lipatan pada trapesium sama kaki.

Trapesium sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu:

Trapesium apa saja, yaitu, trapesium yang keempat sisinya tidak sama dan tidak memiliki sudut siku-siku. Trapesium ini tidak memiliki simetri lipatan dan hanya 1 simetri rotasi.

trapesium apa saja

Trapesium sama kakiIni adalah trapesium yang memiliki sepasang sisi yang memiliki panjang yang sama. Trapesium ini memiliki 1 simetri lipatan dan 1 simetri rotasi.

sama kaki trapesium

Trapesium kanan, merupakan jenis trapesium yang memiliki dua sudut siku-siku. Trapesium ini tidak memiliki simetri lipatan dan hanya satu simetri rotasi.

siku trapesium

Nah, kita sudah mengetahui apa itu trapesium dan juga sifat-sifatnya, serta macam-macam jenisnya. Sekarang, mari kita mulai mempelajari rumus luas trapesium.

latihan soal dari Smart Class

Rumus Area Trapesium dan Contoh Soal

Dalam kegiatan menghitung luas bentuk trapesium, kita akan menggunakan rumus yang satu ini:

Luas = ½ × panjang total × tinggi paralel

Berdasarkan rumus ini, kita dapat menghitung luas trapesium. Untuk bisa lebih memahami rumus ini, mari kita lihat contoh soal yang satu ini.

Contoh soal:

Ada trapesium dengan sisi sejajar masing-masing 20 cm dan 12 cm dan tinggi 6 cm. Berapa luas trapesium?

Larutan:

Dengan rumus yang sudah kita pelajari sebelumnya

W = ½ × jumlah panjang sisi × tinggi

L = ½ × (20 + 12) × 6

L = ½ × 32 × 6

L = 96 cm²

Bagaimana? Apakah kamu lebih mengerti? Kalau masih kurang bisa coba belajar di Smart Class. Platform pembelajaran on line yang memiliki banyak manfaat. Dengan platform digital 360 ° yang dapat diakses oleh siswa, guru dan orang tua selama proses pembelajaran, serta sistem yang terintegrasi, akan mendukung perkembangan pembelajaran siswa. Di Smart Class Anda dapat mempelajari berbagai mata pelajaran, termasuk matematika dan bahkan bentuk.

Ada 2 paket yang disediakan yaitu program regular dan MBG. Reguler merupakan program Smart Class biasa yang menawarkan berbagai fasilitas dan manfaat untuk kegiatan belajar on line.

MBG yang merupakan singkatan dari Garansi uang kembali merupakan program Smart Class yang menawarkan refund jika tidak ada peningkatan nilai siswa, tentunya dengan ketentuan tertentu.

Jika Anda ingin mempelajari dan melakukan lebih banyak pertanyaan tentang materi ini, Anda dapat mencoba produk MASALAH dari Smart Class. Ada berbagai macam soal latihan untuk Anda pelajari, sehingga Anda akan mampu berlatih dengan variasi soal terbaik. Fitur ASKING yang bisa diakses GRATIS juga tersedia untuk membantu Anda menjawab berbagai pertanyaan seputar pertanyaan atau materi yang belum Anda kuasai.

Itulah pembahasan mengenai rumus luas trapesium yang harus anda ketahui. Jika ada yang belum anda ketahui, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.

unduh aplikasi kelas pintar

Silakan ikuti dan sukai kami: