Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Indonesia adalah negara kaya. Menempati Lingkaran Api (Cincin Api), tanah vulkanik yang mengandung mineral dan hara yang tinggi membuat tumbuh-tumbuhan di negeri ini tumbuh subur. Ketersediaan makanan yang melimpah dari tumbuhan membantu melestarikan hewan liar di ekosistem. Sebab, persebaran flora dan fauna di Indonesia sangat beragam.

Tapi, apakah flora dan fauna itu?

Flora adalah segala jenis tumbuhan pada suatu habitat atau kawasan tertentu. Sedangkan fauna adalah semua satwa yang menempati suatu wilayah tertentu. Bukan berita baru bahwa Indonesia memiliki flora dan fauna yang sangat bervariasi. Tumbuhan dan hewan endemik juga banyak ditemukan hanya di Indonesia.

Secara umum persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh letak geografisnya. Berdasarkan wilayah dan karakteristik flora dan faunanya, Indonesia dapat dibagi menjadi tiga, yaitu Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Ketiga ruas ini dipisahkan oleh garis Wallace dan garis Weber: garis Wallace memisahkan Indonesia bagian barat dan tengah, sedangkan garis Weber memisahkan Indonesia bagian tengah dan timur.

Jika ya, apa yang membedakan flora dan fauna di ketiga bagian tersebut? Yuk simak pembahasannya di sini.

Indonesia Barat (Asiatis)

Flora dan fauna yang terdapat di Indonesia bagian barat juga disebut sebagai tipe Asiatik. Wilayah barat meliputi pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Hal ini dikarenakan tumbuhan dan hewan hampir sama dengan yang terdapat di benua Asia pada umumnya.

Untuk flora, jenis yang ditemukan di wilayah barat bersifat heterogen, seperti lumut, pakis, cendawan, meranti, mahoni dan damar. Hal ini disebabkan iklim hujan tropis dengan curah hujan yang tinggi.

Jenis hutan yang terdapat di bagian barat antara lain hutan hujan tropis, hutan monsun, hutan sabana tropis, dan hutan mangrove di pantai. Salah satu flora endemik Indonesia di wilayah barat adalah bunga bangkai Bengkulu atau Raflesia Arnoldi.

(Baca juga: Sistem Reproduksi Aseksual pada Tanaman)

Untuk fauna, jenis yang ditemukan di sini antara lain reptil, mamalia, burung, dan ikan. Banyak fauna endemik Indonesia yang ditemukan di bagian barat, seperti badak bercula satu, tapir, harimau sumatera, orangutan, dan lumba-lumba mahakam.

Indonesia Tengah (Transisi)

Flora dan fauna yang terdapat di Indonesia bagian tengah disebut sebagai tipe peralihan. Wilayah Indonesia yang termasuk dalam bagian tengah adalah pulau Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara.

Iklim Indonesia bagian tengah memiliki kelembaban dan curah hujan yang rendah. Oleh karena itu flora yang terdapat di kawasan ini didominasi oleh rempah-rempah seperti pala, cengkeh, cendana, eboni dan anggrek.

Dari sisi fauna, banyak juga satwa endemik Indonesia yang menempati wilayah Indonesia bagian tengah, antara lain komodo, anoa, babi rusa, dan burung maleo.

Indonesia Timur (Australis)

Wilayah Indonesia yang meliputi pulau Papua, Maluku dan sekitarnya termasuk dalam bagian timur dan disebut juga dengan tipe Australis. Hal ini disebabkan oleh karakteristik flora dan fauna yang mirip dengan benua Australia.

Bagian timur didominasi oleh hutan hujan tropis dan hutan pegunungan. Di antara flora yang bisa ditemukan adalah pohon sagu dan pohon palem. Ada juga pohon rasamala, tumbuhan kayu putih, dan matoa.

Sedangkan fauna endemik yang terdapat di kawasan timur Indonesia antara lain burung cendrawasih, kasuari, burung beo bersayap hitam, dan kanguru pohon.

Silakan ikuti dan sukai kami: