Pembelahan Sel oleh Meiosis – Kelas Cerdas

Sel berkembang biak dengan proses pembelahan. Pembelahan sel adalah proses ketika sel membelah menjadi dua atau lebih. Ini ada dua jenis, yaitu divisi mitosis dan meiosis.

Mitosis adalah proses di mana sel somatik menggandakan kromosom dalam inti selnya untuk menghasilkan dua sel anak yang identik. Sedangkan meiosis adalah jenis pembelahan inti yang mengurangi jumlah set kromosom menjadi setengahnya pada sel anak.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas tentang pembelahan sel secara meiosis. Proses ini terjadi pada sel kelamin dan menghasilkan empat sel anak haploid. Pembelahan disini terjadi dua kali yaitu pembelahan meiosis I dan pembelahan meiosis II. Tahapan pembagian ini dapat dilihat pada gambar di atas.

Meiosis Tahap I

Fase ini dimulai setelah replikasi kromosom induk menghasilkan kromatid yang identik dengan fase S. Pada awal profase I, kromosom memendek, menebal, dan menggandakan. Kemudian di tengah profase I, sentrosom bergerak ke kutub yang berlawanan. Kromosom juga melakukan persilangan atau menyebrang. Pada akhir profase I, ujung benang spul dilekatkan pada dua kinetokor.

Dalam profase I juga terdapat berbagai tahapan yaitu leptoten, zigoten, pakiten, diploten, dan diakinesis.

(Baca juga: Makhluk hidup terdiri dari sel, apakah itu?)

latihan soal dari Smart Class

Leptoten adalah proses ketika benang kromatin memendek dan menebal untuk membentuk kromosom homolog. Zygotene terjadi ketika kromosom homolog berdekatan dan berpasangan. Tahap selanjutnya adalah pachytene, yaitu perbanyakan atau replikasi kromosom. Kemudian, diplot atau persilangan dan tempat persilangan antara dua lengan kromosom disebut kiasma. Tahap terakhir adalah tahap diacinesis, saat spindel atau benang spindel terbentuk.

meiosis2

Meiosis Tahap II

Fase ini merupakan siklus kedua dari proses meiosis dan mirip dengan proses mitosis. Perbedaannya adalah sel yang mengalami pembelahan bersifat haploid, bukan diploid. Pada fase II ini, jumlah kromosom dipertahankan konstan selama reproduksi seksual. Proses ini juga menghasilkan variasi genetik akibat persilangan.

meiosis3

unduh aplikasi kelas pintar

Silakan ikuti dan sukai kami: