Menentukan Nilai Batas dari Fungsi Trigonometri

Batas fungsi trigonometri didefinisikan sebagai nilai yang paling dekat dengan sudut dalam fungsi trigonometri. Perhitungan ini dapat diganti seperti batas fungsi aljabar, tetapi dengan fungsi trigonometri yang harus diubah terlebih dahulu.

Fungsi trigonometri harus diubah menjadi identitas trigonometri untuk batas tak tentu yaitu batas yang jika disubstitusikan menjadi 0. Selain itu, ada juga cara menghitung batas tak tentu tanpa menggunakan identitas trigonometri, melainkan menggunakan batas trigonometri dalil. Yang lain menggunakan identitas dan teorema secara bersamaan.

Untuk menentukan nilai limit dari fungsi trigonometri, ada berbagai cara yang dapat digunakan yaitu metode numerik, substitusi, pemfaktoran, waktu peer, dan turunan.

(Baca juga: Mengukur Visibilitas Menggunakan Rumus Trigonometri)

Namun berdasarkan nilainya, rumus ini dapat kita bagi menjadi dua, yaitu yang mendekati bilangan dan mendekati nol.

X Mendekati Angka

Jika kita memiliki limit dari fungsi trigonometri yang x mendekati angka c, kita dapat menentukan nilainya dengan mengganti c dalam fungsi trigonometri. Rumusnya adalah sebagai berikut.

fungsi batas trigonometri

X Mendekati Nol

Jika x dari suatu batas fungsi trigonometri mendekati nol, kita dapat menggunakan rumus di bawah ini.

batas fungsi trigonometri 2

Jika setelah mengganti nilai x pada fungsi trigonometri bentuk tak tentu adalah 0/0 ∞ / ∞, maka untuk menentukan nilai limit dari fungsi trigonometri dapat menggunakan aturan L’Hospital yaitu

nilai fungsi trigonometri

Pemahaman Intuisi tentang Batasan Fungsi Trigonometri

Memahami limit fungsi trigonometri secara intuitif sama dengan limit fungsi aljabar. Batas fungsi trigonometri ada jika dan hanya jika batas kiri dan batas kanan ada dan nilai batas kiri sama dengan batas kanan.

fungsi batas intuisi

unduh aplikasi kelas pintar

Silakan ikuti dan sukai kami: