Konsep Dasar Menggambar Model – Kelas Cerdas

Dalam proses menggambar, tidak hanya dibutuhkan kemampuan untuk memasukkan semua ide ke dalam media gambar. Namun, Anda harus mengetahui konsep dan prosedur yang harus diterapkan dalam proses menggambar. Apalagi dalam proses menggambar model, dibutuhkan kombinasi penglihatan mata dan gerakan tangan yang terukur untuk membentuk sebuah gambar secara bersamaan. Lalu, apa saja konsep dasar yang perlu diketahui dalam menggambar model?

Menggambar model merupakan suatu kegiatan seni berupa menggambar suatu benda yang dijadikan model. Semua jenis benda dapat dijadikan model, baik benda mati maupun benda hidup. Sedangkan konsep menggambar model merupakan kegiatan menggabungkan pandangan dan gerakan tangan untuk membentuk suatu objek.

Agar gambar yang dihasilkan menyerupai objek aslinya, diperlukan ketelitian dalam menggambar model. Dimana ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam menggambar sebuah model, agar dapat menghasilkan citra yang indah, diantaranya komposisi, proporsi, keseimbangan, dan irama / kesatuan.

(Baca juga: Pengertian Menggambar dan Teknik)

  1. Komposisi

Komposisi merupakan cara menata objek sedemikian rupa untuk menghasilkan gambar yang indah dan menarik. Komposisi dapat diatur melalui bentuk, warna, dan latar belakang objek gambar. Ada 3 jenis komposisi berdasarkan posisi objek bayangan, yaitu:

  • Symmetrical Composition, yaitu gambar objek yang dijadikan model tersusun dalam posisi seimbang antara kanan dan kiri, baik dari segi bentuk maupun ukurannya.
  • Asymmetrical Composition, yaitu objek bayangan yang dijadikan model disusun dalam posisi tidak seimbang baik dari segi bentuk maupun ukurannya, namun tetap memperhatikan proporsinya.
  • Komposisi Tengah, yaitu objek bayangan yang dijadikan model disusun dengan posisi fokus atau fokus perhatian pengamat di tengah bidang bayangan, dengan memperhatikan proporsi dan keseimbangan.
  1. Proporsi

Proporsi adalah rasio ideal dan kombinasi bagian-bagian suatu benda.

  1. Keseimbangan

Keseimbangan adalah kesesuaian antara bidan dengan objek citra, sehingga dihasilkan citra yang harmonis.

  1. Irama / Persatuan

Kesatuan adalah keteraturan objek gambar yang saling mendukung.

Selain itu jika telah memperhatikan prinsip-prinsip tersebut maka yang perlu dilakukan adalah langkah-langkah dalam menggambar model. Dimana ada beberapa tahapan yang perlu diketahui dalam menggambar model yaitu tahap pertama mengamati model, tahap kedua mulai membuat sketsa, tahap mulai menggambar detail model, tahap keempat mewarnai hasil. gambar, dan langkah terakhir adalah penyelesaian.

Silakan ikuti dan sukai kami: