Definisi Konjungsi, Karakteristik dan Jenisnya

Definisi konjungsi

Dalam penafsiran sempit, konjungsi kerap didefinisikan selaku kata sambung. Konjungsi ialah salah satu jenis kohesi gramatikal yang umumnya dilakukan dengan mengaitkan sesuatu faktor kepada faktor lain dalam tulisan. Pengertian Konjungsi dalam KBBI merupakan kata ataupun ungkapan penghubung antar frasa, antar tutur, antar kalimat, serta antar klausa. Faktor yang dirangkai ataupun dihubungkan semacam satuan lingual kata, klausa, frasa, kalimat dan faktor– faktor yang lain semacam alinea atau paragraf dengan indikator lanjutan dan pokok diskusi dengan indikator disjungtif.

Jenis Konjungsi

Konjungsi memiliki berbagai jenis termasuk:

Hubungan Antar Klausul

Hubungan antara klausa adalah penghubung antara 2 klausa atau lebih. Ada 3 jenis konjungsi antar klausa yaitu konjungsi korelatif, konjungsi subordinat dan konjungsi koordinatif adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Koordinatif

Hampir sama dengan konjungsi korelatif, bedanya konjungsi ini terjadi pada klausa sederhana. Konjungsi yang termasuk dalam konjungsi koordinatif meliputi… dan…,… tapi…,… atau…

2. Subordinatif

Tidak seperti konjungsi korelatif, konjungsi subordinatif menghubungkan 2 kata, frase, klausa, yang berstatus konjungsi bertingkat. Konjungsi subordinatif meliputi:

3. Korelasi

Konjungsi korelatif berfungsi untuk menghubungkan dua kata, frase, klausa, yang memiliki status konjungsi yang setara. Konjungsi yang termasuk dalam konjungsi korelatif adalah sebagai berikut:

  • Sedemikian rupa … sehingga …
  • Baik… maupun…
  • Tidak hanya… tapi (juga)…
  • Sudahlah … bahkan …
  • Saya tidak tahu … Saya tidak tahu …
  • Tidak hanya … tapi …

Konjungsi Antar Kalimat

Sebuah kalimat dapat dihubungkan dengan kalimat lain dengan menggunakan kata sambung antar kalimat, kata sambung antar kalimat antara lain:

Konjungsi Berbasis Fungsi

Jika kita melihat fungsi konjungsi, maka konjungsi dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Berikut ini adalah jenis-jenis kata penghubung berdasarkan fungsinya:

Demikian pembahasan tentang Conjunctions.

Hubungan Antar Paragraf

Jika obat Anda sudah kadaluwarsa, sebaiknya jangan membuangnya ke tempat sampah. Jika hal ini dilakukan, dikhawatirkan obat tersebut akan mencemari tanah dan air, jika sewaktu-waktu obat tersebut bersentuhan dengan air atau menyentuh tanah.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengembalikan obat yang kadaluwarsa ke apotek atau rumah sakit agar obat kadaluwarsa musnah.

Oleh karena itu, jika obat yang Anda miliki sudah kadaluwarsa, sebaiknya jangan dibuang ke tempat sampah dan harus diberikan langsung ke apotek.

Karakteristik Konjungsi

Nah berikut ciri-ciri kalimat konjungsi sebagai berikut:

  • Saat menghubungkan antar kalimat disertai dengan koma
  • Memiliki subjek yang sangat baik saat menghubungkan antar kata atau antar kalimat
  • Kalimat Terletak di tengah saat menghubungkan antar kata