Definisi, Karakteristik, dan Struktur Teks Penjelasan

Sesuai dengan namanya, penjelasan, atau penjelasan, teks eksplanasi adalah teks yang memuat penjelasan suatu peristiwa atau genom yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah, dan budaya. Contoh fenomena yang dibahas pada teks eksplanasi adalah bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, dan lain-lain. Sedangkan contoh acara sosial bisa berupa pengangguran, kesehatan, dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya, penjelasan, atau penjelasan, teks eksplanasi adalah teks yang memuat penjelasan suatu peristiwa atau genom yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah, dan budaya. Contoh fenomena yang dibahas pada teks eksplanasi adalah bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, dan lain-lain. Sedangkan contoh acara sosial bisa berupa pengangguran, kesehatan, dan lain-lain.

Singkat cerita, teks eksplanasi menjelaskan hubungan sebab-akibat dari suatu peristiwa, yaitu “mengapa” dan “bagaimana” hal itu bisa terjadi.

Lantas, sulitkah membedakan mana yang merupakan teks eksplanasi dan mana yang bukan? Sebenarnya tidak juga, apalagi teks eksplanasi memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

1. Teks eksplanasi terdiri dari tiga elemen yang meliputi pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi.

2. Informasi yang terkandung dalam teks penjelasan didasarkan pada fakta.

3. Informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi bersifat obyektif.

4. Teks penjelasan membahas suatu peristiwa.

5. Teks penjelasan adalah jenis teks yang bersifat informatif.

Struktur Teks Penjelasan

Sebagaimana disebutkan di atas, teks penjelasan memiliki beberapa struktur yang membangunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Di antara beberapa struktur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Identifikasi fenomena, mengidentifikasi sesuatu yang akan dijelaskan. Ini bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya dan lainnya.

2. Urutan penjelasan, merinci proses peristiwa yang relevan dengan fenomena yang dijelaskan sebagai pertanyaan tentang bagaimana atau mengapa peristiwa itu terjadi.

Sebuah. Pola detil pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan susunan deskripsi yang kronologis atau bertahap. Dalam hal ini tahapan terjadinya diatur menurut urutan waktu.

b. Pola detil dari pertanyaan “mengapa” akan melahirkan gambaran yang tersusun dalam pola kausal. Dalam hal ini tahapan kejadiannya diatur berdasarkan hubungan sebab akibat.

3. Review, dalam bentuk komentar atau pandangan tentang dampak dan akibat dari peristiwa yang dijelaskan dalam teks.

latihan soal dari Smart Class

Elemen Bahasa dari Teks Penjelasan

Unsur kebahasaan teks eksplanasi sama dengan teks pada umumnya. Namun, teks eksplanatori lebih fokus pada penggunaan konjungsi dalam kalimat. Sebagai jenis teks yang tergolong faktual (non sastra), teks eksplanatori menggunakan kata-kata lugas dan denotatif.

Hal yang membedakannya adalah pada teks eksplanatori tidak terdapat kalimat perintah atau verba imperatif seperti yang terdapat pada teks prosedural. Kalimat-kalimat dalam teks penjelasan umumnya berupa pernyataan (afirmatif).

Menyusun Bagian Utama dari Teks Penjelasan

Tidak ada perbedaan istilah antara struktur teks penjelasan dan bagian utama teks penjelasan. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

1. Struktur terdiri dari pernyataan umum

Pada bagian ini yang dimaksud adalah uraian awal tentang apa yang penulis sampaikan tentang peristiwa atau fenomena. Selanjutnya terdapat garis struktur penjelas, dimana struktur ini menjelaskan apa yang ingin disampaikan dari fenomena yang telah dikemukakan pada bagian sebelumnya. Struktur interpretasi selanjutnya, pada bagian ini penulis mengungkapkan pandangan dan pemahamannya terhadap fenomena yang telah dibahas (kesimpulan penulis).

2. Berisi fakta tentang fenomena

Bagian utama teks eksplanasi tentunya memuat fakta-fakta tentang fenomena yang dibahas dalam teks eksplanasi. Fakta yang digunakan tentunya harus akurat dan faktual berdasarkan fakta yang sebenarnya terjadi.

3. Berisi informasi, data dan lain-lain

Faktual sendiri di sini berarti memuat informasi berupa data dari bidang keilmuan, contoh data statistik di bidang geografi, grafik nilai tukar, perkembangan nilai tukar rupiah di bidang ekonomi, dan sebagainya.

Sehingga dapat ditarik garis besar bagian-bagian teks eksplanasi yang terdiri dari pernyataan umum, rangkaian penjelasan, dan tafsir.

Langkah-langkah untuk Menentukan Pola Pengembangan Teks Penjelasan

Secara umum pola pengembangan teks eksplanasi dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Pola Perkembangan Hubungan Sebab Akibat.

2. Pola Pengembangan Proses.

Penyusunan pola dalam pengembangan teks eksplanasi dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

Sebuah. Tentukan tema (topik)

Dengan menentukan topik anda akan memulai langkah awal dalam membuat teks eksplanasi yaitu apa yang akan dibahas dan untuk siapa informasi tersebut diberikan.

b. Membuat dan menyusun kerangka teks yang memuat topik teks penjelasan

Kerangka kerja tersebut bertujuan untuk mengumpulkan dan mengembangkan informasi yang terkandung dalam teks penjelasan. Jika Anda ingin membuat teks penjelasan tentang gempa bumi, tentunya langkah pertama yang Anda lakukan adalah menjelaskan pengertian, penyebab gempa, hingga dampak gempa. Hal ini bertujuan agar tulisan memiliki struktur yang baik.

c. Mengembangkan kerangka kerja yang telah disiapkan

Setelah kerangka disusun, proses selanjutnya adalah mengembangkan kerangka tersebut menjadi informasi yang lengkap. Anda dapat mencari informasi dari berbagai sumber untuk teks penjelasan. Kemudian menyusun sesuai struktur teks eksplanasi yaitu pernyataan umum yang meliputi identifikasi fenomena, peristiwa proses (fakta), dan interpretasi (tinjauan / kesimpulan).

unduh aplikasi kelas pintar

Silakan ikuti dan sukai kami: