Cara Mengatur GPU Default untuk Aplikasi & Game di Windows 10

Windows 10 memang merupakan sistem operasi desktop yang bagus untuk bermain game. Windows 10 menawarkan lebih banyak fitur terkait game seperti pengaturan grafis lanjutan, bilah game Xbox, dan lebih dari sistem operasi desktop lainnya.

Di Windows 10, Anda bahkan dapat memilih GPU mana yang dapat digunakan oleh game atau aplikasi. Jika Anda seorang gamer, Anda mungkin tahu tentang IGPU atau Unit Pemrosesan Grafis Terintegrasi. Chipset grafis terintegrasi dibangun ke dalam prosesor, dan memastikan bahwa komputer Anda dapat menggunakan layar bahkan tanpa kartu grafis khusus.

Umumnya, GPU terintegrasi lebih hemat daya, sedangkan GPU terpisah lebih baik untuk bermain game dan menjalankan aplikasi yang menuntut grafis. Jika laptop atau komputer Anda memiliki keduanya, dan jika Anda jarang bermain game, sebaiknya pilih GPU Terintegrasi untuk aplikasi di Windows 10.

Baca Juga: 10 Game Terbaik untuk Dimainkan di PC Tanpa GPU

Langkah-langkah untuk Mengatur GPU Default untuk Aplikasi & Game di Windows 10

Demikian pula, jika Anda seorang gamer berat atau terbiasa menjalankan aplikasi yang menuntut grafis, Anda selalu dapat menggunakan GPU diskrit. Windows 10 memungkinkan pengguna untuk mengelola kinerja grafik sesuai dengan aplikasi. Artikel ini akan membagikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengatur GPU default untuk Aplikasi dan game di Windows 10. Mari kita periksa

Langkah 1. Pertama-tama, klik tombol Start dan pilih ‘Pengaturan.’

pilih 'Pengaturan'

Langkah 2. Pada halaman Pengaturan, klik ‘Sistem.’

klik pada 'Sistem'

LANGKAH 3. Sekarang di panel kiri, klik ‘Tampilan’ bagian.

klik pada bagian 'Tampilan'

LANGKAH 4. Di bawah Tampilan, klik ‘Pengaturan Grafik’ pilihan.

klik opsi 'Graphics Settings'

LANGKAH 5. Di bawah preferensi kinerja Grafik, klik ‘Aplikasi desktop’ dan kemudian di ‘Jelajahi’.

LANGKAH 6. Anda perlu memilih file .exe dari aplikasi atau game yang preferensinya ingin Anda atur. Setelah selesai, klik tombol ‘Tambah’.

LANGKAH 7. Setelah ditambahkan, klik aplikasi dan pilih ‘Pilihan’

LANGKAH 8. Di bawah pop-up Preferensi grafik, pilih di antara ‘Penghematan energi’ atau ‘Kinerja Tinggi.’ Mode hemat daya akan memaksa aplikasi untuk menggunakan GPU terintegrasi, sedangkan opsi Kinerja tinggi akan menggunakan grafik khusus.

Pilih preferensi grafik

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat mengatur GPU default untuk aplikasi di komputer Windows 10.

Jadi, artikel ini adalah tentang cara mengatur GPU default untuk aplikasi di komputer Windows 10. Saya harap artikel ini membantu Anda! Tolong bagikan juga dengan teman-teman Anda. Jika Anda memiliki keraguan terkait hal ini, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Sumber : techviral.net