Cara Memeriksa Apakah Disk Drive adalah GPT atau MBR di Windows 10 (3 Metode)

Jika Anda pernah mencoba menginstal Windows 10 di komputer baru, Anda mungkin menemukan kesalahan yang mengatakan ‘Windows tidak dapat diinstal ke disk ini.’ Ini akan meminta Anda untuk mengonversi disk Anda ke GPT karena USB yang dapat di-boot yang disiapkan untuk skema partisi MBR tidak dapat digunakan untuk menginstal Windows 10 pada disk bergaya GPT.

Anda tidak perlu mengetahui skema partisi mana yang digunakan hard disk Anda dalam banyak kasus. Namun, jika Anda baru saja merakit PC baru, Anda mungkin diminta untuk memilih antara partisi MPR dan GPT. Selain itu, beberapa perangkat lunak perlu menentukan skema partisi sebelum proses instalasi.

Jika Anda bertanya-tanya tentang perbedaan keduanya, GPT adalah skema partisi modern dan diperlukan jika Anda mem-boot sistem operasi Windows dalam mode UEFI. Di sisi lain, MBR diperlukan untuk mem-boot versi Windows yang lebih lama dalam mode BIOS. Jika Anda ingin menginstal Windows 10 terbaru, Anda mungkin perlu menggunakan skema partisi GPT.

Baca Juga: 10 Alat Terbaik Untuk Memeriksa & Memperbaiki Kesalahan Hard Disk

Langkah-langkah untuk Memeriksa Apakah Disk Drive adalah GPT atau MBR di Windows 10

Anda perlu mengetahui skema partisi disk sebelum menyiapkan drive USB yang dapat di-boot untuk memastikan penginstalan Windows 10. yang bebas kesalahan. Jadi, yang terbaik adalah mengetahui apakah Disk drive menggunakan GPT atau MBR di komputer Windows 10.

Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa metode terbaik untuk memeriksa apakah disk menggunakan GPT atau MBR. Mari kita simak.

1. Melalui Manajemen Disk

Nah, Anda dapat menggunakan utilitas Manajemen Disk bawaan Windows 10 untuk mengetahui apakah disk itu GPT atau MBR. Ikuti beberapa langkah sederhana yang diberikan di bawah ini.

Langkah 1. Pertama-tama, klik kanan pada tombol Start dan pilih ‘Manajemen Disk.’

Manajemen Disk

Langkah 2. Ini akan membuka alat Manajemen Disk.

LANGKAH 3. Klik kanan pada disk yang skema partisinya ingin Anda ketahui dan pilih ‘Properti.’

pilih 'Properties'.

LANGKAH 4. Di Jendela berikutnya, pilih ‘Volume‘tab.

pilih tab 'Volume'

Langkah 5. Sekarang periksa gaya Partisi. Itu bagian gaya partisi akan memberi tahu Anda tentang gaya partisi yang digunakan pada disk.

bagian gaya partisi

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat memeriksa apakah disk drive GPT atau MBR di Windows 10.

2. Menggunakan Command Prompt

Nah, metode Command Prompt mungkin bukan yang termudah, tetapi masih cukup efektif. Ikuti beberapa langkah sederhana yang diberikan di bawah ini untuk memeriksa apakah disk menggunakan gaya partisi GPT atau MBR.

Langkah 1. Pertama-tama, klik pencarian Windows dan cari CMD. Klik kanan pada CMD dan pilih ‘Jalankan sebagai administrator.’

Pilih 'Jalankan sebagai administrator'.

Langkah 2. Di Jendela Prompt Perintah, masukkan ‘diskpart‘dan tekan tombol Enter.

masukkan 'diskpart'

LANGKAH 3. Selanjutnya, masuk ‘daftar disk’ pada Command prompt dan tekan tombol enter.

masukkan 'list disk'

LANGKAH 4. Jika disk adalah GPT, ia akan memiliki ekstensi asterisk

karakter di bawah kolom GPT. Jika karakter asterisk hilang dari kolom GPT, itu adalah disk MBR.

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan command prompt untuk memeriksa apakah drive menggunakan gaya partisi GPT atau MBR.

3. Menggunakan Powershell

Seperti Command prompt, Anda dapat menggunakan Windows Powershell untuk menentukan apakah disk drive menggunakan gaya partisi GPT atau MBR. Langkah 1. Pertama-tama, cari Powershell di pencarian Windows. Sekarang klik kanan pada Powershell dan pilih

'Jalankan sebagai administrator.'

pilih ‘Run as Administrator.’ Langkah 2.Di Jendela Powershell, ketik ‘Dapatkan-Disk

'dan tekan tombol Enter.

ketik ‘Get-Disk’ LANGKAH 3. Sekarang, lihat file ‘Gaya Partisi’

kolom.  Kolom tersebut akan mencantumkan apakah disk drive menggunakan skema GPT atau MBR.

lihat kolom ‘Partition Style’

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat memeriksa apakah drive menggunakan gaya partisi GPT atau MBR pada Windows 10.

Artikel ini membahas tentang cara memeriksa apakah drive menggunakan gaya partisi GPT atau MBR di Windows 10. Saya harap artikel ini membantu Anda! Tolong bagikan juga dengan teman-teman Anda. Jika Anda ragu tentang ini, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Sumber : techviral.net