Bagaimana Anda mendefinisikan ide utama dalam sebuah paragraf?

Ide pokok atau ide pokok merupakan topik yang akan dibahas dalam sebuah paragraf. Paragraf yang baik memiliki ide utama dan beberapa kalimat penjelasan. Ide pokok berfungsi sebagai topik pembahasan, sedangkan kalimat penjelas berfungsi untuk menjelaskan topik. Paragraf harus memiliki gagasan utama dan kalimat penjelasan yang berkorelasi atau terkait. Lalu, bagaimana cara menentukan ide utama sebuah paragraf?

Jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utama dibedakan menjadi tiga, yaitu paragraf deduktif, induktif, dan campuran. Paragraf deduktif adalah paragraf yang ide utamanya berada di awal, sedangkan paragraf yang ide utamanya ada di akhir disebut paragraf induktif. Lalu bagaimana dengan paragraf campuran? Ya, paragraf campuran adalah paragraf yang setidaknya memiliki dua gagasan pokok, yaitu di awal dan di bagian akhir.

Bagaimana Menentukan Ide Utama

Menentukan ide utama sebuah paragraf tidaklah terlalu sulit. Akurasi merupakan salah satu hal yang harus Anda miliki untuk dapat menemukan ide utama dengan mudah. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan ide utama sebuah paragraf, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti

1. Pisahkan Kalimat Utama dari Kalimat Khusus

Kalimat utama biasanya diikuti atau diawali dengan kalimat khusus. Untuk dapat mengenali kalimat khusus, Anda dapat memperhatikan salah satu ciri nya yaitu kalimat yang berisi contoh, bukti, atau detail khusus, sehingga jika melihat kalimat dengan ciri tersebut maka itu adalah kalimat khusus. . Setelah itu pisahkan keduanya, maka Anda akan mendapatkan ide pokok berupa kalimat utama.

2. Baca Dengan Seksama

Mungkin ini cara yang paling sederhana, kamu hanya butuh waktu dan sedikit konsentrasi untuk melakukannya. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan mana yang bisa disebut ide utama atau mana yang termasuk dalam kalimat penjelas.

Baca juga: (Deduktif dan Induktif, 2 Jenis Paragraf Yang Harus Anda Ketahui)

latihan soal dari Smart Class

2. Menyimpulkan Paragraf

Ide utama dapat menentukan kesimpulan dari paragraf. Oleh karena itu, dengan membaca sebuah paragraf dan kemudian menyimpulkannya, Anda akan mendapatkan ide utama.

Itulah tiga cara untuk menentukan ide utama dengan mudah yang bisa Anda praktikkan, sekarang mari kita lihat beberapa contoh dalam menentukan ide utama sebuah paragraf.

Contoh Menemukan Ide Kunci dalam Paragraf

“Hujan deras selama empat jam berturut-turut menyebabkan sungai meluap di beberapa titik. Hal tersebut menyebabkan banjir dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Air yang meluap ini menyebabkan jalan-jalan di desa tersebut tergenang air sehingga mempersempit ruang gerak warga. Bahkan jalan protokol terendam banjir dan semakin menghambat lalu lintas di Jakarta. Situasi ini diperkirakan akan terjadi dalam 24 jam ke depan. Jika tidak ada penanganan efektif dari Pemprov DKI Jakarta. “

Berdasarkan kalimat di atas, kita dapat mengenali ciri-ciri dari sebuah kalimat khusus. Kalimat khusus disini berfungsi untuk menjelaskan makna kalimat utama berupa uraian lebih lanjut masalah yang disinggung dalam kalimat utama yaitu banjir yang merintangi aktivitas. Kalimat kedua hingga keempat merupakan kalimat khusus yang akan mendukung gagasan pokok dalam kalimat utama.

Kita juga bisa menarik kesimpulan dari contoh paragraf di atas, bahwa banjir yang terjadi menyebabkan terhambatnya aktivitas warga, kesimpulan ini sesuai dengan kalimat pertama paragraf di atas, jadi kalimat pertama merupakan pokok pikiran dari paragraf ini. .

Jika ada pertanyaan bagaimana menentukan ide pokok, jawabannya adalah tiga hal ini. Dengan memanfaatkan metode-metode tersebut, Anda dapat dengan mudah menjawab berbagai pertanyaan.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang ini? Silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar dan jangan lupa share ke orang lain tentang ilmu ini ya!

unduh aplikasi kelas pintar

Silakan ikuti dan sukai kami: