Apa itu Alat DISM? Cara Menggunakannya di PC Windows 10

Memang, Windows 10 saat ini adalah sistem operasi desktop yang paling banyak digunakan. Dibandingkan dengan setiap sistem operasi desktop lainnya, Windows 10 menawarkan lebih banyak fitur dan opsi kepada pengguna. Namun, sistem operasi bukannya tanpa kekurangan. Dibandingkan dengan sistem operasi desktop lainnya, Windows 10 memiliki lebih banyak bug.

Apa itu Alat DISM?

Paling sering atau tidak, pengguna Windows 10 menghadapi masalah yang terkait dengan malware, kesalahan driver, kesalahan BSOD, dan banyak lagi. Namun, hal baiknya adalah Windows 10 juga menawarkan beberapa alat bawaan untuk menangani sebagian besar kesalahan. Salah satu alat tersebut adalah DISM. DISM atau Deployment Image Servicing and Management adalah pengembang utilitas baris perintah bagi administrator untuk memecahkan berbagai masalah.

Ini dapat dengan cepat memperbaiki masalah seperti kerusakan file sistem, citra sistem yang rusak, dan beberapa masalah lainnya. Meskipun alat ini ditujukan bagi administrator untuk mempersiapkan, memodifikasi, dan memperbaiki gambar sistem, alat ini dapat digunakan dengan gambar pemulihan lokal untuk menyelesaikan kesalahan sistem yang paling umum.

Yang lebih menarik adalah alat DISM membantu Anda menyebarkan gambar asli dari internet tanpa menginstal ulang Windows 10. Itu berarti Anda dapat memecahkan masalah kesalahan yang tidak dapat diperbaiki melalui alat DISM tanpa menginstal ulang seluruh sistem operasi.

Baca Juga: Cara Mengatur Slideshow Wallpaper di PC Windows 10

Langkah-langkah untuk menggunakan alat DISM pada PC Windows 10

Meskipun DISM adalah alat yang hebat, Anda masih perlu menjalankan alat SFC setelah menyelesaikan operasi dengan DISM. Ini karena alat DISM memperbaiki masalah yang membatasi perintah SFC agar tidak berfungsi dengan benar. Artikel ini akan membagikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan alat DISM di sistem operasi Windows 10. Mari kita simak.

Langkah 1. Pertama-tama, klik tombol Start. Di pencarian Windows, cari CMD.

cari CMD

Langkah 2. Sekarang klik kanan pada CMD dan pilih ‘Jalankan sebagai administrator.’

pilih 'Run as Administrator.'

LANGKAH 3. Di jendela prompt perintah, masukkan perintah – DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth

masukkan perintah - DISM / Online / Cleanup-Image / CheckHealth

Perintah di atas akan memeriksa status kesehatan PC Anda. Jika itu menunjukkan kesalahan apa pun, PC Anda kemungkinan besar rusak.

LANGKAH 4. Selanjutnya, masukkan perintah – DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth

Masukkan perintahnya

Ini adalah versi lanjutan dari perintah di atas. Ini mencari semua jenis kesalahan dalam sistem operasi.

Langkah 5. Untuk memperbaiki semua komponen yang rusak, masukkan perintah –

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Masukkan perintahnya

LANGKAH 6. Setelah selesai, Anda dapat menjalankan alat SFC untuk memperbaiki file sistem yang rusak. Untuk menjalankan alat SFC, masukkan perintah – sfc /scannow

Pemeriksa Berkas Sistem

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan alat DISM di Windows 10 untuk memperbaiki masalah PC Anda.

Artikel ini membahas tentang alat DISM dan penggunaannya di komputer Windows 10. Saya harap artikel ini membantu Anda! Tolong bagikan juga dengan teman-teman Anda. Jika Anda meragukan hal ini, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Sumber : techviral.net