3 Cara Cepat Memperpendek Link Menggunakan HP • Inwepo

Artikel ini membahas mengenai cara memendekan link dengan beberapa shortlink hanya dengan browser hp. Memperpendek link sangat membantu ketika kalian hendak membagikan tautan yang panjang. Tautan yang panjang akan membuat kita sulit mengingatnya bahkan mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman saat melihatnya.

Memperpendek link

Memperpendek link juga biasa digunakan ketika hendak menyisipkan link dalam bio sosial media seperti instagram, whatsapp, facebook, twitter dsb.

Terdapat banyak sekali alat untuk memendekan link. Namun yang akan dibahas dalam artikel ini hanya terbatas pada 3 shortlink yang biasa digunakan dan tentunya free tanpa harus bayar. Silahkan kalian simak penjelasan dengan seksama.

Tutorial

1. Cara Memendekan Link Dengan S.id

1. Persiapkan link yang hendak dipendekan, pastikan berawalan https://

2. Kunjungi https://s.id

3. Masukkan link yang hendak dipendekan dibagian kotak “Tempel tautan

Cara Cepat Memperpendek Link Menggunakan HP

4. Klik tombol Singkatkan, Maka akan muncul link baru yang lebih pendek, silahkan salin dan bagikan

Cara Cepat Memperpendek Link Menggunakan HP

5. Jika kalian ingin link di custom alias sesuai kebutuhan, misalnya link pada gambar diatas adalah https://s.id/sLTBL saya ingin mengubahnya menjadi https://s.id/kontakig. Maka silahkan mendaftar terlebih dahulu kemudian ulangi langkah-langkah sebelumnya di dashboard akun s.id bagian bawah.

6. Untuk meng-custom aliasnya silahkan klik tombol ganti, kemudian ubah dan simpan.

Cara Cepat Memperpendek Link Menggunakan HP

2. Cara Memendekan Link Dengan BitLy

1. Persiapkan link yang hendak dipendekan

2. Kunjungi https://bitly.com, Masukkan link yang hendak dipendekan dibagian kotak “Shorten your link“.

Cara Cepat Memperpendek Link Menggunakan HP

3. Klik tombol Shorten, Maka akan muncul link baru yang lebih pendek, silahkan copy dan bagikan

Cara Cepat Memperpendek Link Menggunakan HP

4. Namun jika ingin meng-custom alias seperti saat menggunakan s.id kalian perlu registrasi dan melakukan upgrade terlebih dahulu, dengan kata lain untuk versi gratis hanya bisa memendekkan saja tanpa meng-custom alias.

3. Cara Memendekan Link Dengan TinyURL

1. Persiapkan link yang hendak dipendekan

2. Kunjungi https://tinyurl.com, Masukkan link yang hendak dipendekan dibagian kotak kosong.

Cara Cepat Memperpendek Link Menggunakan HP

3. Isi custom alias jika diinginkan, Klik tombol Make TinyURL. Maka akan muncul link baru yang lebih pendek, silahkan copy dan bagikan

Cara Cepat Memperpendek Link Menggunakan HP

4. Selamat, kini kalian telah mengetahui cara memendekan link menggunakan 3 shortlink popular. Dengan begitu kalian bisa memasang link channel YouTube, link google drive, link google form dsb di sosial media dengan tampilan yang sederhana tentunya.

Kesimpulan

Itulah cara untuk memendekan link dengan menggunakan 3 shortlink yang sangat popular. Langkah-langkahnya cukup simpel sekali dan saya yakin mudah untuk diikuti. Dari ketiga shortlink diatas s.id menghasilkan url baru paling pendek diantara yang lainnya.

Namun TinyURL bisa melakukan custom alias tanpa harus registrasi. Sedangkan bitly memiliki tampilan user yang sangat mudah dipahami. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiganya memiliki keunggulan masing-masing. Jadi silahkan pilih mana yang menurut kalian suka.





Sumber : akupintar.id